SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Senin, 09 April 2012

Mouse (komputasi)

mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi dua dimensi gerakan relatif nya mendukung permukaan. Secara fisik, mouse terdiri dari sebuah objek yang diselenggarakan di bawah salah satu tangan pengguna, dengan satu atau lebih tombol. Kadang-kadang fitur unsur-unsur lain, seperti "roda", yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai bergantung pada sistem operasi, atau tombol tambahan atau fitur yang dapat menambah lebih banyak kontrol atau masukan dimensi. Gerakan mouse biasanya diterjemahkan ke dalam gerak sebuah pointer pada layar , yang memungkinkan untuk kontrol baik dari antarmuka pengguna grafis



Sejarah Asal Mula Mouse Komputer

Bagi kita pengguna komputer pasti sudah akrab dengan yang namanya mouse atau kalau dalam bahasa Indonesia tetikus,namun orang lebih menyukai kata mouse daripada tetikus.Yah mouse sebuah piranti yang berfungsi mempermudah kita untuk mengoperasikan komputer kita.Sebenarnya bagaimana sih awal mulanya dan sejarahnya mouse itu.Mari kita jelajahi bersama.


Dinamakan mouse karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus (mouse).Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).



Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan mouse satu tombol.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.



Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Beberapa Jenis Teknologi Mouse

Perkembangan teknologi lagi-lagi seakan tak akan pernah ada matinya, berbagai macam bentuk perubahan yang ada dalam dunia teknologi itu ada karena kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan banyak. Berkembangnya teknologi sekarang ini jika di ibaratkan itu seperti pada awalnya manusia dulu yang baru bisa belajar membaca ejaan huruf demi huruf sampai pada akhirnya sekarang manusia bisa membaca dengan lancar, begitu juga dengan teknologi dulu yang awalnya komputer sebesar ruangan 3×4 meter bahkan lebih hingga akhirnya komputer sekarang bisa masuk kedalam tas. Ya seperti itulah perkembangan teknologi sekarang ini.
Bicara soal teknologi, yang sekarang ini jadi barang wajib di konsumsi orang-orang pada umumnya adalah gadget, dan teknologi internet (media sosial) namun tidak hanya itu teknologi software maupun hardwarepun juga tidak mau kalah. Postingan kali ini akan mengulas tentang berbagai macam jenis teknologi mouse yang beredar hingga sampai saat ini. Mulai dari mouse yang berteknologi Optik, BlueEye, Wireless, LED, maupun Sentuh dibawah ini akan di ulas satu persatu mengenai keunggulannya masing-masing.
Mouse BlueEye
Mouse BlueEye, sebuah teknologi mouse yang bisa bekerja tidak hanya di alas tertentu, tapi juga bisa bekerja diatas karpet, sofa, kaca berdebu maupun marmer, Selain bisa di medan apapun ada juga mouse yang berjenis BluEye ini ada juga yang di kombinasikan dengan teknologi wireless. Namun jangan berfikir jika mouse ini bisa di tempatkan pada medan apapun akan dicoba diletakkan diatas air jelas nantinya akan tidak berjalan :D
Mouse Wireless
Sesuai dengan namanya teknologi mouse yang ini dikendalikan tanpa menggunakan kabel, jadi sangat nyaman untuk digunakan untuk presentasi karena tidak terbatas dengan panjang ukuran kabel yang biasanya ada pada mouse-mouse lainnya. Meskipun begitu ada kekurangannya juga, seperti masalah jangkauan aksesnya. Rata-rata mouse wireless seperti ini mempunyai jarak normal sekitar 1-5meter, namun tak menutup kemungkinan ada pula mouse wireless yang mempunyai jangkauan sampai dengan 10 meter.

Mouse Optik

Teknologi mouse ini merupakan perkembangan dari teknologi mouse yang dulunya menggunakan bola di bawahnya untuk menggerakkan kursor di komputer namun mouse optik ini berjalan dengan sebuah lampu seperti lampu infra merah yang gunanya sebagai sensor penggerak kursornya. Selain itu, keunggulan lainnya ada juga beberapa jenis mouse seperti ini mempunyai lampu Led di samping kanan maupun kirinya yang biasanya dimanfaatkan sebagai pendamping komputer/notebook dikala mati lampu.

Mouse Game

Bagi pecinta game, ada mouse yang mempunyai desain khusus buat para gamers, dengan desain yang sangat nyaman di tangan ini, tidak hanya di gunakan pada tangan kanan tangan kiri pun juga nyaman digunakan. Umumnya mouse game ini mempunyai tambahan 4 sampai 6 tombol selain tombol right and left pada umumnya, yang tentunya mempunyai fungsi berbeda-beda.
Mouse Touch/Sentuh
Mouse sentuh atau istilah kerennya touch mouse ini mungkin bisa dikatakan kombinasi dari berbagai macam teknologi mouse optik, led, wireless. Karena rata-rata beberapa jenis mouse touch ini mempunyai teknologi yang lebih lengkap. Dengan desain sangat minimalis ini kabarnya touch mouse ini masih hanya bisa berjalan pada OS Windows saja, yang di unggulkan dari taouch mouse salah satunya adalah tidak licin, jadi sangat nyaman digunakan untuk me-maximize maupun minimize window, go-back maupun forward hanya dengan satu kali sentuhan.


sumber dotsemarang.blogdetik.com,www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar